ASN harus Profesional dan memiliki Kompetensi untuk bersaing pada era MEA

Submitted by admin on Mon, 09/11/2017 - 20:33

Badan Diklat Provinsi NTT menyelenggarakan upacara Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tk IV lingkup pemerintah Kabupaten/Kota se NTT Angkatan ke – 10 pada tanggal 9 Juni bertempat di Gedung Pertemuan Flobamorata Badan Diklat Provinsi NTT.   Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Gubernur Nusa Tenggara Timur yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi NTT, Ibu Johanna Lisapaly, SH, M.Si didampingi Sekretaris Badan Diklat Provinsi NTT, Drs. Nias Stefanus.

Dalam sambutannya, Ibu Asisten menekankan pentingnya ASN untuk mengembangkan kompetensi dan menjunjung tinggi profesionalisme untuk dapat bersaing dalam era MEA. “Diklatpim Tk. IV memiliki sasaran agar pemimpin eselon IV memiliki kompetensi sebagai pemimpin operasional dan mampu merancang inovasi serta mempraktekan manajemen perubahan di unit kerja masing-masing” tegas Ibu Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi NTT. Turut hadir dalam upacara pembukaan tersebut para mentor, pejabat struktural dan widyaiswara pada Badan Diklat Provinsi NTT.

Kasubid Diklat Kepemimpinan, Fransiskus Xaverius, SH dalam laporan pembukaannya menyampaikan  bahawa Diklatpim Tk. IV angkatan ke 10 berlangsung tanggal 9 Juni sampai dengan 8 Oktober 2016, di Kampus Badan Diklat Provinsi NTT. Peserta Diklat berjumlah 40 orang pejabat eselon IV yang berasal dari Kabupaten Alor 11 orang, Kabupaten Lembata 15 orang dan Kabupaten Sumba Tengah 14 orang.  Diklat akan dilaksanakan di Kampus Badan Diklat Provinsi NTT dengan metode pembelajaran klasikal selama 290 JP dan 603 JP  dengan metode non klasikal.

Para peserta tidak hanya mengikuti pembelajaran di kampus Badan Diklat, namun akan merancang inovasi di unit kerjanya, melakukan benchmarking ke best practice dan leadership laboratory. Pada akhirnya mereka akan dinilai perencanaan inovasi yang dibuat dan manajemen perubahannya. Selamat mengikuti Diklat, semoga menjadi pemimpin perubahan yang inovatif, profesional dan berorientasi pelayanan.