VISITASI BADAN DIKLAT NTT OLEH TIM ASESOR AKREDITASI LAN RI

Submitted by admin on Tue, 09/12/2017 - 12:17

Kupang -  Dengan berakhirnya masa berlaku Sertifikat Kepala Lembaga Administrasi Negara RI (LAN RI) Nomor 2845/K.1/PDP.10.05 tanggal 14 Desember 2012 dari Badan Diklat Provinsi NTT yang Terakreditasi B (berlaku 3 tahun) dan pada tanggal 15 Desember 2015 ini masa akreditasi dimaksud telah berakhir, maka LAN pada tahun 2016 ini melaksanakan proses akreditasi kepada Badan Diklat Provinsi NTT yang merupakan penyelenggara diklat prajabatan dan kepemimpinan Tingkat III/IV. Sebelumnya tata cara akreditasi Diklat Prajabatan CPNS dan Diklat Kepemimpinan tertentu diatur dalam Peraturan Kepala LAN RI (Perkalan) Nomor 16 Tahun 2013 tentang  PedomanAkreditasi  Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah PenyelenggaraPendidikan dan Pelatihan Prajabatan dan Kepemimpinan, yang mana pengusulan anggaran 2015 didasarkan pada aturan ini. Belakangan aturan ini direvisi kembali oleh LAN RI dengan mengeluarkan Perkalan Nomor 25 Tahun 2015 tentang Pedoman Akreditasi Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah yang walapun tertanggal 29 Juli 2015 namun baru diperoleh Badan Diklat Provinsi NTT pada akhir bulan November 2015.

Pendidikan dan Pelatihan Pemerintah bertempat di Badan Diklat Provinsi NTT diselenggarakan visitasi dalam rangka verifikasi terhadap bahan/dokumen yang didampingi oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan    Provinsi NTT, Drs. Klemens Meba, MM. Tim  Asesor  tersebut     antara    lain      : Prof Dr. Ismail Said, M.Hum. bertindak sebagai Ketua Tim beserta Dra. Idha Saftawaty, M.Ed. Mgmt dan Drs. M. Iqbal Fadillah, M.Ed.L sebagai Anggota Tim Asesor. Kepala Badan Diklat Provinsi NTT beserta jajaran struktural Badan Diklat berkesempatan menerima kunjungan visitasi tim asesor. Salah satu bentuk kegiatan ini yang dilaksanakan pada hari senin sampai dengan selasa tanggal 25 sampai dengan 26 Juli 2016 adalah dihadirkan Widyaiswara dan Alumni Diklat yang diselenggarakan oleh Badan Diklat Provinsi NTT.

Beberapa hal yang disampaikan oleh Tim Akreditasi LAN dalam presentasinya bahwa penyelenggaraan Diklat Prajabatan Gol. I dan II, Prajabatan Gol. III, Diklatpim Tk. III dan Diklatpim Tk. IV didukung oleh beberapa unsur antara lain: kelembagaan, pengelola, penyelenggara, tenaga pengajar, pengelola SIDA, rencana strategis, penjaminan pembiayaan, fasilitas diklat, penjaminan mutu diklat, kurikulum, perencanaan penyelenggaraan diklat, monitoring dan evaluasi penyelenggaraan diklat serta hasil penyelenggaraan diklat. Keseluruhan unsur tersebut sangat mendukung penilaian dalam mempertahankan dan melanjutkan ijin akreditasi lembaga.

Badan Pendidikan dan Pelatihan Provinsi Nusa Tenggara Timur mohon doa restu dan dukungan dalam proses akreditasi ini maupun kelanjutannya........SEMANGAT TERUS BADIKLAT NTT...DAN TETAP JAYA!!!!