BPSDMD BERSAMA KOMISI I RAPAT BAHAS PERUBAHAN ANGGARAN 2017

Submitted by admin on Wed, 10/04/2017 - 08:42

Kupang-BPSDMD selaku mitra dari Komisi I yang membidangi pemerintahan pada Senin, 25 September 2017 melakukan rapat pembahasan Perubahan Anggaran Tahun 2017. Dihadapan pimpinan dan Anggota Komisi I DPRD Provinsi NTT, Kepala BPSDMD, Drs. Klemens Meba, MM mengawali penyampaian usulan perubahan anggaran yang sudah melalui pembahasan di tingat TAPD dengan terlebih dahulu memaparkan kinerja OPD. Menurut Kepala Badan, kinerja BPSDMD per 31 Agustus 2017, yakni realisasi belanja tidak langsung sebesar 63% dan belanja langsung sebesar 31%. Sedangkan realisasi PAD, dari obyek Retribusi Pelayanan Pendidikan sebesar 9,8 Miliar atau 83,86% dan Retribusi Pemakaian Aset Daerah sebesar105,5 Juta atau 10,56%. Rendahnya serapan pada sewa aset ini dikarenakan lamanya pelaksanaan diklatpim, sehingga belum semua retribusi penggunaan aset dibayarkan, imbuh Kaban yang juga Bakal Cabup Ende ini. Selain itu Kaban juga melaporkan progress pembangunan 1 unit gedung asrama diklat yang menelan anggaran sebesar 10 M rupiah ini yakni fisik pekerjaan sudah mencapai 43% yang terdiri dari galian dan urukan, pasangan pondasi, tembok, beton, sanitasi dan instalasi listrik.

Pada momentum ini juga Kaban mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pimpinan Dewan dan Komisi I yang sudah menyetujui Penggunaan Anggaran Mendahului Perubahan Prajabatan K2 Ende dan Provinsi NTT. Selanjutnya Kaban menyampaikan usulan kegiatan pada perubahan anggaran 2017. Menurut Kaban, usulan Perubahan Anggaran BPSDMD substansinya hanya berupa pergeseran anggaran yakni Diklat Prajabatan CPNS Reguler Golongan III untuk 3 Kelas diubah menjadi Prajabatan K2 untuk 9 Kelas, ToT Revolusi Mental diganti menjadi Diklat Revolusi Mental dan penambahan biaya rekening air karena ada tunggakan tagihan dari PDAM yang dialihkan dari biaya listrik.

Rapat pembahasan ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi NTT, Kasintus Proklamasi EbuTho, yang dihadiri Anggota Komisi I diantaranya Junus Naisunis, Eldat Nenabu, Emanuel Konfildus, Pdt. Adriana Rambu Kahi Awa Kosi dan Yeni Veronica. Sedangkan Kepala BPSDMD didampingi oleh para Pejabat Administrator dan Pengawas, diantaranya Nias Stefanus, Yosep Meba, Patrisia Wea, Kornelis Tanesab, Yohanes Tael Lim,Yudi cinta Pekudjawang dan Nyai Achiary. Menanggapi paparan dari Kepala Badan, Komisi I bersepakat menyetujui usulan perubahan dari BPSDMD dan akan merekomendasikan ke TAPD agar diakomodir dan dituangkan dalam Perda tentang APBD Perubahan TA. 2017.Di penghujung rapat Ketua Komisi I berpesan agar BPSDMD terus meningkatkan kinerja dalam bidang diklat aparatur terutama segera menyelesaikan pembangunan gedung asrama karena tidak sedikit anggaran APBD yang dikeluarkan untuk pembangunan gedung ini.